Cara membuat Air Kefir

sekilas tentang Kefir :

Ada banyak minuman prebiotik yang sering kita temui selama ini, ada Yakul*, Kombucha, Yogurt, Kefir, Air Mata Mantan, dan lain sebagainya.
Sama halnya dengan minuman lainnya, Kefir juga kaya akan manfaat, diantaranya :

1.Sebagai sumber berbagai macam enzim pencernaan yang akan membantu meringankan proses pencernaan dalam saluran pencernaan

2. Merangsang produksi enzim di dalam tubuh dan membantu memperbaiki fungsi empedu dan pankreas, meringankan kerja empedu, liver dan pankreas

3. Memiliki sifat menekan berbagai macam radang organ penting bagian dalam tubuh (anti-inflammatory)

4. Mengoptimalkan metabolisme tubuh

serta banyak lainnya manfaat kefir yang bisa kamu temukan sendiri referensinya di inet. Saya sudah lama meninggalkan kebiasaan minum minuman bersoda dan Kefir ini bisa menjadi solusi kalo pas lagi kangen ama minuman bersoda, kalo kangen ama kamu abang masih ga dapet solusinya neng 😦

Adapun bahan yang dibutuhkan untuk membuat Air Kefir adalah :

1. Kefir Grain (bisa beli di Online Shop)

2. Blackstrap molasses

3. Gula Pasir / Organic Coconut Sugar

4. Toples Kaca (800ml)

5. Kain Tipis untuk tutup botol selama fermentasi (kalo gak ada bisa pake poto mantan)

Kefirr

Cara membuatnya pun sangat gampang,sebagai berikut :

  1. Larutkan 1 sdk makan Blackstrap molasses dan 4 sdk makan gula pasir ke dalam air (bisa menggunakan air mineral yang penting jangan menggunakan air pdam apalagi air mata mantan. Jangan !). Jadi untuk hidup Kefir perlu makan, dan gula adalah makanan utama si Kefir, sedangkan Blackstrap molasses yang kaya akan mineral juga sangat membantu Kefir untuk tetap sehat, sebagai info Kefir makannya cuma itu dia tidak makan hati seperti saya 😦
  2. Setelah semuanya tercampur aduk kaya perasaan aku ke kamu, berikutnya masukan Kefir Grain ke dalam larutan air tadi, tutup dengan kain dan simpan di dalam ruangan yang tidak ber AC, yang penting nyaman aja pokoknya kayak friendzone kita gitu.
  3. Setelah 2 hari (48 jam) Saring Air Kefir tadi dengan saringan plastik dan Kefir Grain bisa digunakan kembali untuk membuat Air Kefir (Ulangi langkah No.1).
  4. Air Kefir sudah bisa dinikmati ato bisa kamu olah lagi. Siapkan botol kaca dengan tutup yang rapat, masukan Air Kefir (bisa dicampur potongan buah ato jahe ato lainnya silahkan bereksperimen sendiri yang penting jangan memasukan kenangan indah bersama mantan, itu sakit rasanya).
  5. Simpan Air olahan tadi di suhu ruangan selama 1-2 hari (semakin lama semakin bersoda) setelah itu bisa disimpan di kulkas untuk bisa dinikmati.

Tips :

  1. Jangan menggunakan sendok metal selama proses tadi, karena metal akan merusak Bibit Kefir.
  2. Jangan menggunakan madu selama proses pembuatan, karena meski sama2 manis (semanis janji mu waktu itu), madu tidak cocok dan dapat merusak Bibit Kefir.
  3. Jika Kefir sudah tidak digunakan lagi bisa disimpan di frezer ato simpan di Kulkas dalam toples dengan campuran air gula, ganti airnya seminggu sekali. Suhu yang dingin memperlambat proses fermentasi Kefir.

Nb. Sharing ini berdasarkan pengalaman saya, perlakuan berbeda mungkin saja terjadi tergantung kisah cinta mu masing2.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Amank Sutarmank

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s